Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 227
Pengunjung Bulan ini : 642
Total Pengunjung : 6878

Kunjungan FEB Unsoed, Dukungan Nyata Menggagas BUM Desa

Tanggal : 15 Sep 2016 16:04 Wib



Hari ini, tanggal 18 Agustus 2016. Tepat satu hari setelah kita merayakan hingar bingar hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, Desa Susukan Kecamatan Sumbang mendapatkan kunjungan dari FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Unsoed.

Dalam kunjungan kali ini, Pemerintah Desa dan FEB Unsoed mendiskusikan mengenai analisis bisnis Desa Wisata, khususnya pembangunan Taman Air yang akan dibangun di Desa Susukan.

Dari FEB Unsoed kali ini hadir 3 (tiga) orang yaitu Mba Novita de Araujo, Mba Sophia, dan Mas Arcaryan. Sedangkan dari Pemerintah Desa diwakili oleh Kepala Desa Susukan, Ibu Dwi Rintasari dan staf beliau yaitu Bapak Pardi dan Bapak Ruri. Hadir pula dalam pertemuan tersebut Saudara Rigih Bayu, salah seorang warga Desa Susukan yang menaruh perhatian kepada BUM Desa

Beberapa hal yang bisa kami garis bawahi dari pertemuan kali ini antara lain:

  1. Pengembangan produk lokal desa berupa pembesaran lele dan produk olahan lele, akan segera dilaksanakan tahun ini dan dilanjutkan tahun depan, dengan sistem kolam biofolk.
  2. Pemerintah Desa siap menganggarkan biaya untuk pembuatan Taman Desa minimal sebesar Rp. 200.000.000 di tahun 2017.
  3. Pemerintah Desa siap menganggarkan biaya pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan produk unggulan desa berupa pelatihan-pelatihan maupun pembuatan kolam biofolk sebagai proyek percontohan sebesar Rp. 50.000.000 di tahun 2017.
  4. Perlunya rencana desain pembuatan Taman disesuiakan dengan budget anggaran yang ada.
  5. Perlunya segera dibentuk kepengurusan BUM Desa.
  6. Gagasan program Live in Susukan, yaitu program untuk menikmati kehidupan desa di Susukan, yang inti dari program ini selain mengenalkan Susukan ke orang luar, juga untuk mendapat feedback dari orang luar tersebut mengenai bagaimana mengembangkan potensi-potensi yang ada di Susukan.

Setelah diskusi mengenai kelayakan bisnis dari rencana pengembangan Desa Wisata Susukan, kunjungan dilanjutkan dengan survei lokasi yang akan digunakan untuk Taman Desa juga sumber mata air yang ada di Susukan.


Kegiatan Desa Lainnya

Sensasi Kriuk Nikmat Manggleng Desa Susukan

Tanggal : 13 Feb 2017 14:45 Wib

Saat ini Manggleng Pak Din masih dalam tahap promo, dan dijual Rp. 6.000 (enam ribu rupiah) saja sampai dengan akhir bulan Februari.

Masih Banyak Ruang untuk Berkembang bagi Manggleng Susukan

Tanggal : 19 Jan 2017 20:08 Wib

Geliat ekonomi di Desa Susukan menunjukkan arah yang menggembirakan. Setidaknya hal ini terlihat dari beberapa usaha rumahan yang dilakukan oleh sebagian warga desa Susukan. Setelah sebelumnya ada Abon Lesus (Lele…

Aplikasi SisKeuDes untuk Pengelolaan Keuangan Desa

Tanggal : 25 Nov 2016 08:11 Wib

elain itu, hal paling mendasar yang menyebabkan kami tidak secara rinci melatih atau menganjurkan desa untuk mengisi RPJMDes dan RKPDes melalui aplikasi SisKeuDes adalah karena pengisian di menu Perencanaan tersebut…

Abon Lesus, Produk Unggulan Desa Susukan

Tanggal : 16 Nov 2016 07:57 Wib

Kami mengadakan pelatihan membuat abon lele dengan cara kami sendiri, tanpa narasumber.

Rotasi Perangkat Desa Susukan, Karena Revolusi Tak Terjadi Setiap Hari

Tanggal : 18 Oct 2016 08:50 Wib

Hal ini kemudian ditindaklanjuti di tingkat desa dengan mengadakan Rotasi Perangkat Desa. Rotasi perangkat desa secara umum ada 2 (dua) jenis, yaitu Rotasi promosi dan Rotasi setingkat. Di Desa Susukan,…