Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 233
Pengunjung Bulan ini : 553
Total Pengunjung : 5882

Memulai Langkah, Ketika yang Berat Terasa Begitu Indah

Tanggal : 01 Oct 2016 07:24 Wib



Ini adalah tulisan kedua saya sebagai Direktur BUM Desa, setelah sebelumnya saya menuliskan tentang Taman Lazuardi, Antara Impian dan Rencana Kerja BUM Desa. Satu bulan sekali. Itu waktu maksimal yang saya tetapkan untuk diri saya sendiri, untuk menuliskan apa yang telah dan akan saya lakukan, tentu kaitannya dengan impian Desa Susukan.

Memulai langkah tak pernah mudah. Sebuah perjalanan yang panjang haruslah diawali dengan satu langkah kecil. Perubahan besar dapat dilihat sebagai kumpulan dari perubahan-perubahan kecil.  Perubahan besar dimulai oleh sekelompok kecil orang yang tekun mempelajari dan menyikapi masalah bersama yang mereka hadapi. Besarnya masalah yang dihadapi bangsa ini seringkali memaksa kita memikirkan solusi besar, sehingga merasa tidak berdaya. Tapi sebetulnya banyak perubahan besar dapat terjadi apabila kita mulai dengan langkah-langkah sederhana.

jejak-kaki

Kami mengawali dengan sebuah langkah kecil: website desa. Kenapa website? Era sekarang adalah era teknologi. Dan website merupakan suatu hal yang hampir wajib dimiliki ketika kita membicarakan branding sesuatu yang besar. Ya, branding.

Brand adalah merek atau tanda pengenal. Sedangkan branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand

Tujuan awal dengan adanya website desa adalah branding. Kami ingin mengenalkan kepada seluruh dunia, bahwa ada sebuah desa di kaki Gunung Slamet yang mempunyai potensi untuk berkembang menjadi desa wisata. Sehingga ketika orang-orang bicara tentang Desa Wisata di Kabupaten Banyumas, orang-orang akan teringat dengan Susukan. Ketika orang bicara tentang Susukan, orang akan teringat www.susukan.online.

Branding melalui dunia maya, dalam hal ini website, bukanlah sesuatu yang sulit, meski juga tidak semudah membalik telapak tangan. Salah satu kendala adalah bahwa nama Susukan bukanlah nama yang unik. Banyak sekali daerah di Indonesia, khususnya Jawa, yang juga bernama Susukan. Saat ini ketika kita mengetik kata Susukan Sumbang atau Susukan Banyumas di google, website ini sudah muncul di halaman pertama.

Selanjutnya dapat di baca di Memulai Langkah, Ketika yang Berat Terasa Begitu Indah


Kegiatan Desa Lainnya

Sensasi Kriuk Nikmat Manggleng Desa Susukan

Tanggal : 13 Feb 2017 14:45 Wib

Saat ini Manggleng Pak Din masih dalam tahap promo, dan dijual Rp. 6.000 (enam ribu rupiah) saja sampai dengan akhir bulan Februari.

Masih Banyak Ruang untuk Berkembang bagi Manggleng Susukan

Tanggal : 19 Jan 2017 20:08 Wib

Geliat ekonomi di Desa Susukan menunjukkan arah yang menggembirakan. Setidaknya hal ini terlihat dari beberapa usaha rumahan yang dilakukan oleh sebagian warga desa Susukan. Setelah sebelumnya ada Abon Lesus (Lele…

Aplikasi SisKeuDes untuk Pengelolaan Keuangan Desa

Tanggal : 25 Nov 2016 08:11 Wib

elain itu, hal paling mendasar yang menyebabkan kami tidak secara rinci melatih atau menganjurkan desa untuk mengisi RPJMDes dan RKPDes melalui aplikasi SisKeuDes adalah karena pengisian di menu Perencanaan tersebut…

Abon Lesus, Produk Unggulan Desa Susukan

Tanggal : 16 Nov 2016 07:57 Wib

Kami mengadakan pelatihan membuat abon lele dengan cara kami sendiri, tanpa narasumber.

Rotasi Perangkat Desa Susukan, Karena Revolusi Tak Terjadi Setiap Hari

Tanggal : 18 Oct 2016 08:50 Wib

Hal ini kemudian ditindaklanjuti di tingkat desa dengan mengadakan Rotasi Perangkat Desa. Rotasi perangkat desa secara umum ada 2 (dua) jenis, yaitu Rotasi promosi dan Rotasi setingkat. Di Desa Susukan,…