Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 233
Pengunjung Bulan ini : 553
Total Pengunjung : 5882

Aplikasi SisKeuDes untuk Pengelolaan Keuangan Desa

Tanggal : 25 Nov 2016 08:11 Wib



Aplikasi SisKeuDes yang merupakan MoU antara Kemendagri dan BPKP, merupakan aplikasi pengelolaan keuangan khusus untuk desa yang meliputi Perencanaan, Penganggaran, Penatausahaan, Pembukuan, dan Laporan.

 



Mengapa Menu Perencanaan Tidak Perlu Diisi?

Setelah melalui beberapa kali pelatihan dan praktek, ternyata menu Perencanaan yang ada di SisKeuDes dianggap kurang sesuai dengan RPJMDes dan RKPDes. Karena itu lah, di Banyumas kami hanya menyinggung sekilas mengenai menu Perencanaan ini.



Bisa dilihat di gambar di atas, bahwa menu Perencanaan terdiri Renstra dan RJPMDes. Padahal Pemerintah Desa tidak mengenal Renstra. Demikian juga ketika kita melihat ke dalam menu Renstra dan RPJMDes lebih jauh, ternyata Renstra berisi visi misi dst, kemudian RPJMDes berisi RPJMDes dan RKPDes.

Pengisiannya sebenarnya mudah, namun kami merasa untuk saat ini penyusunan RPJMDes dan RKPDes lebih mudah dan simple dilakukan secara manual. Ke depannya, pelan-pelan akan beralih ke aplikasi SisKeuDes.



Mendahulukan Menu Penganggaran daripada Menu yang Lain

Selain itu, hal paling mendasar yang menyebabkan kami tidak secara rinci melatih atau menganjurkan desa untuk mengisi RPJMDes dan RKPDes melalui aplikasi SisKeuDes adalah karena pengisian di menu Perencanaan tersebut ternyata tidak berpengaruh sama sekali dengan isian lainnya. Sehingga walaupun tidak diisi, menu selanjutnya (Penganggaran hingga ke Pelaporan), tetap bisa dilakukan.

Karena hal itulah, pelatihan-pelatihan dan simulasi Aplikasi SisKeuDes kami fokuskan hanya kepada menu Penganggaran saja, yang itu akan digunakan untuk mengisi APBDes 2017. Adapun menu-menu lain, hanya dibicarakan sekilas saja, Tidak bijaksana rasanya, dan tentu saja tidak efektif dan efisien, kalau memaksakan semua menu untuk dilatih dan disimulasikan, terutama mengingat keterbatasan waktu.

Namun demikian, jika Pemerintah Desa akan mengisi menu Perencanaan, maka itu akan lebih baik.


Kegiatan Desa Lainnya

Sensasi Kriuk Nikmat Manggleng Desa Susukan

Tanggal : 13 Feb 2017 14:45 Wib

Saat ini Manggleng Pak Din masih dalam tahap promo, dan dijual Rp. 6.000 (enam ribu rupiah) saja sampai dengan akhir bulan Februari.

Masih Banyak Ruang untuk Berkembang bagi Manggleng Susukan

Tanggal : 19 Jan 2017 20:08 Wib

Geliat ekonomi di Desa Susukan menunjukkan arah yang menggembirakan. Setidaknya hal ini terlihat dari beberapa usaha rumahan yang dilakukan oleh sebagian warga desa Susukan. Setelah sebelumnya ada Abon Lesus (Lele…

Abon Lesus, Produk Unggulan Desa Susukan

Tanggal : 16 Nov 2016 07:57 Wib

Kami mengadakan pelatihan membuat abon lele dengan cara kami sendiri, tanpa narasumber.

Rotasi Perangkat Desa Susukan, Karena Revolusi Tak Terjadi Setiap Hari

Tanggal : 18 Oct 2016 08:50 Wib

Hal ini kemudian ditindaklanjuti di tingkat desa dengan mengadakan Rotasi Perangkat Desa. Rotasi perangkat desa secara umum ada 2 (dua) jenis, yaitu Rotasi promosi dan Rotasi setingkat. Di Desa Susukan,…

Memulai Langkah, Ketika yang Berat Terasa Begitu Indah

Tanggal : 01 Oct 2016 07:24 Wib

Branding melalui dunia maya, dalam hal ini website, bukanlah sesuatu yang sulit, meski juga tidak semudah membalik telapak tangan. Salah satu kendala adalah bahwa nama Susukan bukanlah nama yang unik.…